Visi dan Misi

“KEEROM BANGKIT YANG INOVATIF, MANDIRI, BERMARTABAT DAN BERKELANJUTAN”

Pernyataan Visi Kabupaten Keerom Tahun 2021-2024 memiliki makna sebagai berikut:

Keerom bangkit dan Inovatif

Terwujudnya masyarakat Keerom yang memiliki kapasitas unggul dengan didorong oleh tekad yang kuat melalui kondisi masyarakat yang produktif dan berdaya saing yang ditandai dengan meningkatkan indeks pembangunan manusia mencakup pendidikan, kesehatan, dan ekonomi kerakyatan dengan dukungan teknologi tepat guna ataupun teknologi canggih. Di mana melalui hal di atas produktivitas masyarakat yang tinggi dicirikan oleh proses pembaharuan produksi hulu-hilir yang memiliki kecendurungan terus meningkat. Akumulasi proses produksi tersebut diharapkan agar terwujudnya nilai-nilai unggulan yang berdaya saing sejalan dengan kebijakan nasional pengembangan industri 4.0.  Kapasitas yang unggul tersebut merupakan suatu kondisi perubahan menjadi lebih maju karena mampu melepaskan diri dari keterbelakangan, ketertinggalan, dan kemiskinan. Bangkit juga dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas hidup individu, masyarakat, dan pemerintahan sehingga semua elemen masyarakat memiliki akses yang luas untuk terlibat dalam seluruh proses pembangunan.

Keerom yang Mandiri

Dimaksudkan untuk mewujudkan kondisi masyarakat yang mandiri atas kemampuannya sendiri dalam memajukan ekonomi didorong dengan tumbuh dan berkembangnya kewirausahaan orang asli Papua di Keerom. Untuk kepentingan tersebut harus ditumbuhkan produksi komoditi Kabupaten Keerom yang memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif, terutama disektor perkebunan, pertanian, holtikultura, serta menumbuhkan industri pengolahan berbasis ekonomi kreatif dan ramah lingkungan.

Keerom yang Bermartabat

Dimaksudkan untuk mencapai kondisi masyarakat yang memiliki status terhormat. Hal ini diindikasikan oleh penghargaan terhadap jati diri orang Keerom karena memiliki tingkat kecerdasan dengan postur tubuh dan kesehatan yang kokoh yang dilandasi kekuatan iman. Kombinasi integrative dari indikator dimaksud melahirkan pribadi-pribadi orang Keerom yang utuh dan disegani.

Keerom yang Berkelanjutan

Dimaksudkan agar pembangunan di Kabupaten Keerom tidak hanya untuk pemenuhan kebutuhan saat ini tetapi juga untuk generasi di masa depan. Percepatan dan peningkatan pelaksanaan pembagunan dan pelestarian alam/lingkungan hidup (termasuk sosial budaya dan adat-istiadat), harus berjalan beriringan. Memastikan ada keseimbangan arah pertumbuhan ekonomi, pembangunan sosial kemasyarakatan dan peningkatan kualitas lingkungan hidup yang aman dan pelestarian lingkungan. Pelestarian lingkungan alam dan pelestarian budaya sangat penting dalam menunjang keberlangsungan pembangunan secara berkelanjutan di Kabupaten Keerom.

 MISI

Memperhatikan visi serta perubahan paradigma dan kondisi yang akan dihadapi pada masa yang akan datang, maka dalam upaya mewujudkan Visi pembangunan Kabupaten Keerom Tahun 2021-2024, melalui beberapa Misi pembangunan sebagai berikut.

  1. Mempercepat reformasi birokrasi yang dinamis, Tata Kelola Pemerintahan yang Baik, Inovatif dan Kepemimpinan yang Kolaboratif Antara Kabupaten Keerom dengan Pemerintah Provinsi dan Pusat
  2. Membangun Sumber Daya Manusia yang Religius, Berkualitas dan Berbudaya
  3. Membangun Perekonomian Kabupaten Keerom yang Kokoh, Produktif   Berkeadilan dan Sejahtera. 
  4. Mempercepat Pembangunan Insfrastruktur Berbasis Lingkungan dan Tata Ruang yang Berkelanjutan

Meningkatkan Kehidupan Sosial Masyarakat Kabupaten Keerom